Lingkar Akademia

Beranda » SMA Negeri 1 Sukoharjo » Profil SMA Negeri 1 Sukoharjo

Profil SMA Negeri 1 Sukoharjo

Dilihat dari namanya, mungkin nama SMA Negeri 1 Sukoharjo belum setenar SMA Negeri 1 Surakarta atau SMA Negeri 3 Surakarta di wilayah eks-karesidenan Surakarta. Namun, bagaimanapun kualitas SMA Negeri 1 Sukoharjo tidak kalah dari SMA-SMA unggulan tersebut. Di wilayah Kabupate Sukoharjo sendiri, SMA Negeri 1 Sukoharjo masih menjadi yang terbaik dan menjadi primadona. Tidak sedikit orang tua yang menaruh harap agar putra-putrinya setelah kelulusan tingkat menengah pertama dapat melanjutkan studinya di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Karena selain kualitasnya sudah terbukti, biaya sekolah pun relatif lebih murah dibanding dengan SMA unggulan lain. Meskipun demikian, sarana dan prasarana pembelajaran bukan berarti tertinggal, bahkan semakin hari penyempurnaan sarana dan prasarana serta kualitas non fisik semakin ditingkatkan.

Sejarah

SMA Negeri 1 Sukoharjo bertempat di Jalan Pemuda 38, Kelurahan Jetis, Kabupaten Sukoharjo. SMA Negeri 1 Sukoharjo berdiri atas swadaya masyarakat Sukoharjo yang pada waktu itu diprakarsai oleh Bp. Wandyo Pranoto, Bupati Sukoharjo tahun 1962 dengan pengumpulan biji kelapa tua. Biji kelapa tua tersebut dijual dan uang hasil penjualannya digunakan untuk membeli tanah seluas 19166 meter persegi yang pada waktu itu masih berupa persawahan.

Pada tahun 1962 SMA Negeri 1 Sukoharjo telah menerima murid sebanyak tiga kelas, namun karena pembangunan gedung belum dimulai, proses belajar mengajar dilaksanakan di rumah Bp. Djiwo di Desa Jetis, Sukoharjo. Kelas ini pun merupakan kelas fillial dari SMA Negeri1 Surakarta yang ada waktu itu dipimpin oleh Bp. R. Supamdam. Baru selanjutnya dinegerikan dengan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal : 25 Juli 1963 No. 59/K/B/III.

Tahap awal pembangunan gedung SMA Negeri 1 Sukoharjo hanya tiga kelas. Kemudian mendapat bantuan dari DEPDIKBUD dalam pembangunan gedung hingga mencapai 27 kelas dan selebihnya dari bantuan BP3. Sebagai kepala sekolah pertama adalah Bp. Kerto Hadisubroto.

SMA Negeri 1 Sukoharjo telah mengalami banyak perkembangan hingga saat ini dipimpin oleh Ibu Hj. Sri Lastari, S.Pd, M.Pd dan tetap mempertahankan akreditasi A.

Visi dan Misi

Visi dari SMA Negeri 1 Sukoharjo adalah :

” Terwujudnya sekolah yang unggul di bidang IMTAQ dan IPTEK “

untuk mewujudkan visi tersebut SMA Negeri 1 Sukoharjo mempunyai misi :

1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga siswa berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.

2. Menumbuh kembangkan semanggat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.

3. Mendorong dan membantu siswa untuk mengenal potensi dirinya sehingga dapat berkembang secara optimal.

4. Meningkatkan mutu pendidikan sesuai tuntutan masyarakat dan perkembangan IPTEK.

5. Meningkatkan prestasi dalam bidang ektrakulikuler yang senantiasa berakar pada system nilai, adat istiadat, agama dan budaya masyarakat dengan tetap mengikuti perkembangan dunia luar.

6. Meningkatkan penghayatan dan pengalaman terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa menjadi sumber kearifan dalam bertindak.

Semoga kedepan SMA Negeri 1 Sukoharjo semakin berkembang dan menjadi salah satu sekolah unggulan sebagai kebanggaan masyarakat Kabupaten Sukoharjo pada khususnya serta bagian dari peningkatan kualitas pendidika bangsa pada umumya, amien.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Linka UGM on Facebook

%d blogger menyukai ini: